Memulai Bisnis dengan Hobi

memulai bisnis dengan hobi

salah satu contoh memulai bisnis dengan hobi salah satunya adalah memancing. Memancing tidak hanya sekadar kegiatan santai untuk melepaskan penat, tetapi juga bisa menjadi pintu menuju dunia bisnis yang menguntungkan. Dengan kombinasi passion, keterampilan, dan kreativitas,  memulai bisnis dengan hobi memancing bisa menjadi langkah menuju kesuksesan yang memuaskan. artikel ini akan membahas langkah-langkah praktis untuk mengubah hobi memancing menjadi sumber penghasilan yang berkelanjutan.

1. Tentukan Niche

pertama yang perlu anda lakukan adalah tentukan tujuan dari bisnis anda ? pada tahun 2023 penghobi pemancing di indonesia meningkat,tidak hanya itumulai dari remaja hingga yang tua banyak sekali penggemar hobi ini. yang perlu anda riset adalah keperluan apa saja yang penting yang sering orang gunakan dalam hobi ini, contohnya peralatan memancing, menyelenggarakan tur memancing dan membuat (kolam pancing), atau mungkin menghasilkan produk aksesori yang dibutuhkan dari para penghobi memancing ini. untuk itu Menentukan niche akan membantu Anda menyaring strategi pemasaran dan produk atau layanan yang akan Anda tawarkan.

2. Tentukan Produk

riset ini memerlukan tinjauan dari kalangan berbagai komunitas memancing yaa misalkan anda bisa merisetnya melalui pertanyaan kepada para pemancing ini. apakah kebutuhan alat pancing menjadi utama, ataukan umpan yang dipakai atau layanan dari penyelenggara (kolam pancing) yang paling utama dalam bisnis ini.

a. peralatan pancing dan umpan

sebelum anda memulai bisnis pada penjualan produk pancing anda harus riset dulu merk merk peralatan pancing yang akan anda jual. nilai ini mulai dari tegek,  jenis Kail yang biasa digunakan oleh para pemancing, dan merk umpan yang akan anda jual di toko anda. tak hanya itu anda juga harus bisa merekomendasikanya kepada para penghobi tersebut untuk membeli barang anda. jangan lupa cek dulu kompetitor di dekat daerah anda. riset ini harus berdasar pada para penghobi, mulai dari berat dan ringanya sebuah tegek bahklan ampuh tidaknya sebuah umpan untuk dipakai para pemancing. dan yang terpenting harga. harga dari peralatan tersebut mampu dijangkau oleh pembeli di kalangan anda apa tidak.

b. Penjual racikan umpan bermerk ataupun non bermerk

jika anda seorang pemancing pasti anda tahu rahasia dalam peracikan umpan jika anda mau membuka produk umpan di kalangan pemancing yang perlu anda riset adalah kekuatan dari umpan yang andsa jual. apakah bisa bersaing dengan produk yang sudah jadi atau hanya mampu di daerah anda saja. karena setiap kolam maupun waduk memiliki entitas air yang berbeda. Umpan yang anda jual harus mampu bersaing di berbagai wilayah di indonesia. baik itu dalam keadaan hujan, pagi hari maupun malam hari. jika umpan anda mampu melakukan ini maka kasih harga yang lumayan pun para pemancing pasti membelinya. karena umpan ini sangat penting dan tidak hanya pemancing saja yang memerlukan ini pengusaha besar pun membutuhkan umpan yang baik agar  ikan (pembeli) bisa terpancing dengan umpan yang buat.

c. layanan jasa persewaan Kolam

jika anda ingin menjadi penyedia layanan jasa anda bisa membuat kolam pancing anda sendiri. ini berlaku juga para pembudidaya ikan juga yaa. agar bisa menjual produknya langsung ke konsumen. jasa ini ada 3 macam yaitu kolam pancing kiloan, harian, dan lomba. ketiga kolam pancing ini memiliki market  yang berbeda dan perlakuan yang berbeda. silahkan anda meriset kebutuhan apa saja yang harus anda lakukan pada ini. sebenarnya mudah untuk meriset ini yaa. anda tinggal lihat dari sudu pandang penghobi saja. kira-kira hal apa saja yang disukai para penghobi agar terus berlangganan di kolam pancing anda. contohnya : apakah pelayananya yang bagus contoh warungkopi dan makanan ringan tersedia disana, ataukah kondisi ikan yang selalu bagus atau hadiah yang bagus. jika anda seorang penghobi pasti tahu apa sih yang diinginklan para pemancing ini.

3. tentukan market

jika anda seorang penghobi mancing pasti punya teman yang sehobi ini merupakan sebuah langkah terbaik yang bisa ambil dari para teman tersebut  untuk menawarkan produk, jalin silaturahmi sesama pemancing, dan berikan kenyamanan pada saat anda mau menyelenggarakan sebuah event maupun promo di dalam usaha anda. jika teman anda sendiri merasa nyaman maka saya jamin pertumbuhan bisnis anda akan meningkat dari mulut ke mulut tanpa harus mengeluarkan biaya iklan maupun promosi. salam sukses pengusaha indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *